Taman Nasional Tanjung Puting, Penangkaran Orangutan Kalimantan Di Hutan Liar

Taman Nasional Tanjung Puting, sebuah penangkaran orangutan yang berlokasi di Kalimantan Tengah ini merupakan penangkaran terbesar di dunia untuk hewan mamalia tersebut. Sebelum kita membahas bagaimana Taman Nasional Tanjung Puting, mari kita bahas Orangutan terlebih dahulu. Seperti yang kita ketahui bahwa orang utan adalah kera besar asal Indonesia, yang hanya bisa kita temukan di daerah hutan hujan Kalimantan dan Sumatera.

Silsilah Primata Orangutan

Hewan Mamalia yang memiliki nama ilmiah Pongo ini memiliki beberapa jenis yaitu orangutan Tapanuli, Orangutan Borneo, dan Orangutan Sumatera yang masuk kedalam genus subfamili Ponginae dari urutan terbesar Hominidae sebagai pemisah Manusia, Gorilla, dan juga Simpanse. Menurut keturunan silsilah primata Orangutan sendiri merupakan keturunan terakhir dari jenis primata famili Ponginae. Keberadaan orangutan saat ini cukup menyedihkan karena sering menjadi incaran perburuan yang menjadikan makhluk ini menjadi langka.

Faktor lain kenapa kera besar ini bisa menjadi langka adalah karena pembabatan wilayah pada hutan-hutan besar di Indonesia khususnya daerah Sumatera dan Kalimantan ini. Kecerdasan makhluk primata ini lah yang sering dijadikan incaran para ilmuwan untuk diteliti. Terkadang juga karena kecerdasan dari primata ini ada saja orang yang melakukan tindak kejahatan dengan menjadikan mereka sirkus yang seolah bisa bermain game betting slot online.

Penangkaran Taman Nasional Tanjung Puting

Seperti yang sudah sering kita bahas bahwa adanya sebuah taman nasional sebagai penangkaran hewan ini adalah salah satu siasat agar bisa menjaga dan mengembang biakkan hewan langka. Seperti Taman Nasional Lore Lindu, penangkaran pada TNTP ini dibangun langsung pada lokasi lapang berupa hutan asli sekitar 415.040 ha. Didalamnya kamu bisa menemukan sekitar 38 jenis mamalia seperti kera bekantan dan 30ribu hingga 40ribu orangutan Kalimantan. TNTP sendiri sudah mendapat pengakuan sebagai tempat konservasi orang utan terbesar di dunia.

Jika anda berkunjung ke taman nasional tanjung puting, kamu bakal disediakan kapal kecil untuk mengarungi sungai sebagai alat transportasi disana. Sungai yang dilalui merupakan sungai Sekonyer yang melintasi area taman nasional tersebut. Disana kamu bisa menemukan bahkan bertatap langsung dengan para orangutan Kalimantan. Hutan tersebut adalah hutan tropis asli dimana terda[at berbagai spesies lain, kamu bisa melihat buaya, monyet abu-abu, dugong, bahkan buaya. Taman Nasional Tanjung Puting ini terbagi menjadi 3 area diantaranya adalah Pondok Tanggui, Tanjung Harapan, dan juga Camp Leakey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *