Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup wajib kita tanamkan sejak dini. Karena telah terjadi banyak peristiwa yang merusak lingkungan hidup seperti penebangan hutan secara liar, polusi air limbah baik dari industri maupun dari saluran rumah tangga, dan maraknya polusi udara.Masalah kelestarian ini harus segera ditangani karena jika tidak akan berdampak buruk bagi masa yang akan datang.

 

kelestarian lingkungan

 

 

Upaya Menjaga Kelesetarian Lingkungan

Lingkungan merupakan tempat tinggal bagi manusia, hewan maupun tumbuhan yang harus kita jaga kelestariannya untuk kelangsungan hidup bagi semua mahluk. Berikut upaya dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup ;

1. Bercocok Tanam Dengan Bijak Untuk Kelestarian Lingkungan Hidup

Bercocok tanam dengan bijak dapat membantu upaya kelestarian karena dengan hal tersebut dapat menjaga lingkungan dengan baik seperti memanfaatkan lahan. Selain itu dengan bercocok tanam dengan bijak dapat membantu menjaga ekosistem untuk kelangsungan semua mahluk hidup.

2. Menggunakan Bahan yang Ramah Lingkungan Hidup

Salah satu upaya menjaga kelestarian selanjutnya adalah menggunakan bahan yang ramah lingkungan karena dengan hal tersebut kita ikut serta menghindari barang-barang yang berbahaya bagi lingkungan.

3. Menjaga Flora dan Fauna Langka Untuk Kelestarian Lingkungan

Dengan Menjaga kelestarian dan tidak melakukan perburuan liar kita sudah turut serta menjaga flora dan fauna agar tetap hidup sehingga ekosistem bisa terjaga

4. Menjaga Kelestarian Hutan Untuk Kelestarian Lingkungan Hidup

Hutan merupakan sesuatu yang sangat penting untuk kelangsungan hidup karena hutan merupakan paru-paru bagi dunia yang dapat menghasilkan oksigen, menjaga resapan air, dan menyerap karbondioksida sehingga dapat mencegah bencana banjir, tanah longsor, dan erosi.

5. Melakukan AMDAL

Sebelum membangun sesuatu sebaiknya melakukan analisis dampak lingkungan , seperti membangun gedung, rumah maupun jalan sebaiknya harus dilakukan hal ini agar bangunan nanti tidak merusak kelestarian lingkungan .

6. Melakukan Reboisasi

Kondisi hutan saat ini sudah sangat miris banyak penebangan pohon secara liar oleh oknum tidak bertanggung jawab dan hal yang lainnya, Keadaan seperti pohon pohon tidak dapat meresap air dengan baik yang dapat menyebabkan banjir, tanah longsor maupun erosi. Alangkah baiknya reboisasi harus dilakukan karena dengan reboisasi ini kita dapat menjaga kondisi hutan agar lebih baik.

Peran Penting Masyarakat dan Pemerintah Untuk Kelestarian Lingkungan

Usaha menjaga kelestarian lingkungan bukan peran pemerintah saja maupun peran masyarakat saja ini merupakan peran bersama. Demi kelangsungan hidup lebih baik. Pemerintah mendukung kelestarian lingkungan ini dengan membuat peraturan-peraturan yang ramah terhadap lingkungan dan menjadi payung hukum apabila nanti ada yang melanggar atau merusak kelestarian .
Lalu peran masyarakat juga memiliki peran yang penting setelah pemerintah melakukan hal tersebut masyarakat harusnya dapat membantu agara terciptanya kelestarian. Hal yang bisa dilakukan masyarakat seperti membuang sampah pada tempatnya, melakukan daur ulang, menghemat energi dan hal lainnya.

 

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.